Jumat, 10 Januari 2014

PENGERTIAN DAN MACAM BENTUK PERMUKAAN BUMI



PENGERTIAN DAN MACAM
BENTUK PERMUKAAN BUMI


Sebelum kita membahas peta, kita akan terlebih dahulu membahas tentang permukaan bumi. Apakah permukaan bumi itu? Bagaimana bentuk permukaan bumi itu? Pernahkah Anda naik pesawat terbang? Seperti apakah pemandangan di bawah dilihat dari atas sana? Atau pernahkan Anda bermimpi untuk ke luar angkasa? Seperti apakah bayangan bumi yang kita tinggali dibenak Anda?
Coba Anda perhatikan gambar di bawah ini!

Gambar Bumi dilihat dari luar angkasa

Apa yang ada dibenak Anda? Ternyata bumi berbentuk bulat, bukan? Kira-kira, di mana posisi Anda sekarang? Pasti susah ditebak bukan? Tapi jika negara Indonesia? Pasti Anda tahu, bukan? Itulah gunanya kita mempelajari peta! Lalu menurut Anda, bagaimanakan suatu penampakan permukaan bumi? Datarkah? Atau naik turun seperti gunung yang selama ini Anda lihat! Coba Anda perhatikan di gambar di bawah ini?
Gambar Permukaan Bumi yang Unik

Apa yang ada di pikiran Anda sekarang ini?!Pernahkah Anda membayangkannya? Pasti belum pernah, bukan? Untuk lebih jelasnya tentang permukaan bumi, silahkan disimak sedikit ulasan tentang permukaan bumi. Silahkan membacanya!
A.   Pengertian Permukaan Bumi
Lapisan kulit bumi sering disebut litosfer. Berasal dari kata  litos artinya batu,  sfeer atau sphaira artinya bulatan.  Jadi litosfer adalah lapisan kerak bumi atau kulit bumi yang terdiri dari batu-batuanan yang keras dan tanah. Sedangkan, tanah itu sendiri berasal dari batuan yang melapuk.  
Permukaan bumi adalah penampang paling luar bumi yang juga biasa di sebut sebagai kulit bumi. Muka bumi bentuknya beranekaragam dan selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan bentuk muka bumi di sebabkan oleh adanya aktivitas geologi baik yang disebabkan oleh tenaga eksogen maupun tenaga endogen. Bentuk permukaan bumi yang beraneka ragam dan bervariasi ini disebut juga relief bumi.
B.   Macam-Macam Bentuk Muka Bumi
Pada dasarnya bentuk-bentuk muka bumi dibagi menjadi 2 (dua), yakni bentuk muka bumi pada wilayah daratan dan bentuk muka bumi pada wilayah lautan. Masing-masing bentuk muka bumi baik di daratan maupun di lautan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.  
Daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air. Wilayah yang termasuk daratan meliputi pegunungan, perbukitan, dataran, dan lembah. Bumi banyak mengandung air. Permukaan daratan pun ada yang tergenang air dan ada yang kering. Bagian daratan yang kering adalah padang pasir, dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan. Bagian daratan yang tergenang air, misalnya rawa, danau, dan sungai.
Macam-macam bentuk daratan, yaitu :
1.    Dataran
2.    Gunung
3.    Pegunungan dan perbukitan
4.    Lembah, Jurang, dan Ngarai
5.    Padang Pasir atau Gurun Pasir
6.    Daerah Pantai
7.    Sungai
8.    Danau
9.    Rawa
10. Peneplain


Gambar Bagian-Bagian Daratan









Tidak ada komentar:

Posting Komentar