Jumat, 10 Januari 2014

DATARAN TINGGI (PLATEU ATAU PLATO)



DATARAN TINGGI 
(PLATEU ATAU PLATO)
A. Pengertian Dataran Tinggi (PLATEAU ATAU PLATO) 

Dataran tinggi Adalah relief daratan yang relative landai, dikelilingi tebing yang curam dengan ketinggian antara 200-1000 meter di atas permukaan air laut. Terbentuk sebagai hasil erosi (pengikisan tanah) dan sedimentasi (pengendapan). Bisa juga terjadi oleh bekas kaldera luas, yang tertimbun material dari lereng gunung sekitarnya. Contohnya adalah Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah.Digambarkan dengan menggunakan symbol  area kuning atau cokelat muda.Pada peta topografi, penggambaran dataran tinggi digambarkan dengan garis kontur yang agak jarang, namun memiliki angka penunjuk kontur yang besar (antara 200 -1000 meter ).

B.   Dataran Tinggi Tertinggi di Dunia
      1. Dataran Tinggi Tibet di Cina
Dataran tinggi terbesar dan tertinggi di dunia adalah Dataran Tinggi Tibet, yang disebut "atap dunia", yang masih sedang dibentuk oleh tabrakan dari lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia. Dalam semua dataran tinggi Tibet mencakup area seluas sekitar 2,5 juta kilometer persegi yang sekitar 5.000 m di atas permukaan laut. Tinggi dataran tinggi ini adalah sedemikian rupa sehingga cukup untuk membalikkan siklus sel konveksi Hadley dan untuk mendorong monsun India ke selatan.Bogotá, Kolombia berada di dataran tinggi, lebih dari 8.600 kaki (2.600 m) tingginya.
      2. Dataran Tinggi Antartika
Dataran tinggi saat ini kedua terbesar di dunia adalah Dataran Tinggi Antartika, yang meliputi sebagian besar bagian tengah Antartika. Dalam wilayah Antartika, tidak ada gunung, tetapi ada 3000 meter atau lebih dari es yang sangat perlahan menyebar ke arah pantai yang melalui gletser besar. Ini tutup es sangat besar yang gema suara pengukuran lokasi ketebalan es menunjukkan bahwa sebagian besar permukaan "lahan kering" dari Antartika telah ditekan di bawah permukaan laut. Jadi, jika es itu entah bagaimana dihapus, area besar Antartika akan dibanjiri oleh lautan.      
3    3. Andes Plateau di Amerika Selatan
Dataran tinggi ketiga terbesar di dunia mungkin adalah di Amerika Selatan yang terletak di tengah Pegunungan Andes. Andes Plateau ini meliputi sebagian besar Bolivia dan sebagian besar selatan Kolombia, Ekuador timur, Peru pusat, utara Chili dan Argentina utara.
4. Dataran Tinggi Colorado Di Amerika Utara
Di Amerika Utara, dataran tinggi terbesar adalah Dataran Tinggi Colorado seluas sekitar 337.000 kilometer persegi di Colorado, Wyoming, Utah timur laut, Arizona dan utara New Mexico. Dataran Tinggi Colorado di Arizona utara dan selatan Utah membelah oleh lembah Sungai Colorado dan Grand Canyon. Tepi selatan dataran tinggi di Arizona utara disebut Rim Mogollon, dimana elevasi tanah mulai menurun agak curam ke Arizona pusat.
C.   Dataran Tinggi di Benua Asia, antara lain :
1     Dataran Tinggi Tibet di bagian Barat Daya Cina.
2     Dataran Tinggi Dekkan di India.
3     Dataran Tinggi Anatolli di Turki (Asia Barat),
4     Dataran Tinggi Mongolia di Asia Tengah,
5     Dataran Tinggi Afghanistan, dan Dataran Tinggi Siberia di bagian Utara Asia.
6     Dataran Tinggi Dieng dan Kerinci di Indonesia

Gambar Keindahan Dataran Tinggi Tibet












Tidak ada komentar:

Posting Komentar